Monday, May 11, 2015

Agar Rambut Anak Tumbuh Lebat dan Hitam



Memiliki seorang anak adalah dambaan para orang tua dan anugerah yang yang tidak terkira yang harus kita syukuri, apalagi anak yang didambakan lahir dengan sehat dan fisik yang sempurna. Salah satu yang membuat anak Anda terlihat menggemaskan adalah memiliki rambut yang lebat dan hitam.
Apakah dengan menggunduli rambut bayi maka rambut akan tumbuh lebih subur dan lebat?  
Rambut bayi adalah rambut sementara atau velus yang akan rontok setelah  bayi berumur 2-3 bulan,  Artinya, walaupun Anda tidak menggunduli rambut bayi Anda, sebenarnya rambut bawaan lahirnya tidak akan terbawa seumur hidupnya, karena semuanya akan rontok dan akan digantikan dengan rambut yang baru.
Rambut bayi bisa saja tumbuh tebal tanpa digunduli dan sebaliknya, ada juga sebagian bayi yang walaupun sudah digunduli tetap saja rambutnya tipis. Artinya, tebal atau tipisnya rambut bayi sangat dipengaruhi oleh faktor genetik atau keturunan.
Tapi dari sisi medis tetap ada manfaatnya mengunduli rambut bayi terutama untuk kesehatan kulit kepala. Banyak kerak kotoran yang menempel dan menutup pori-pori kulit kepala akan terbuang sehingga kulit tersebut akan bersih.
Selain faktor genetik atau keturunan, faktor gizi atau asupan makanan juga berpengaruh terhadap kesehatan rambut bayi Anda. Anak kurang gizi, misalnya, tekstur rambutnya pasti akan terpengaruh, warna rambut jadi merah, lebih kering, lebih mudah patah, tipis, mudah rontok. Hormon Androgen juga mempengaruhi rambut bayi ketika lahir. Sering ada bayi yang rambutnya sangat lebat saat lahir. Bisa saja itu karena pengaruh hormon androgen ibunya. Tapi ketika dia belum bisa memproduksi hormon androgen, setelah lahir lama-lama efek androgen yang terbawa dari ibunya hilang, rambut si kecil pun rontok, berganti dengan rambut aslinya yang mungkin lebih tipis. 
Untuk itu ibu-ibu yang ingin memiliki anak dengan rambut lebat sebaiknya memperhatikan asupan makanan dan gizi seperti:
1.Biasakan konsumsi kacang-kacangan
Saat hamil konsumsi makanan berjenis kacang-kacangan dan buah buahan yang banyak mengandung Vitamin E dapat membuat rambut bayi anda lebat.
2.Asupan gizi untuk bayi
Salah satu yang mempengaruhi tumbuhnya rambut bayi adalah asupan gizi, asupan gizi terbaik untuk bayi adalah dengan memberikan makanan yang mengandung 
  • Protein – telur, ikan, daging, susu, kacang-kacangan sangatlah baik sebagai sumber protein.
  • Asam lemak Omega-3 – ikan salmon, kacang kenari, minyak ikan, kedelai, kembang kol dikenal sebagai sumber bagi zat ini.
  • Zat Besi – lentil, bayam, kacang merah, tomat, kentang memiliki kandungan zat besi yang banyak.
  • Vitamin – buah-buahan, sayuran, kacang hijau, gandum mengandung banyak vitamin, terutama vitamin A, B dan C
 3.Jaga Kesehatan Rambut
Rambut yang sering terpapar sinar matahari akan membuat rambut anak Anda tidak sehat dan gampang rontok. 
  • Daun Lidah Buaya. Sebaiknya lakukan perawatan rutin pada rambut si kecil menggunakan daging dan lendir lidah buaya, ini punya khasiat sangat baik untuk menyuburkan rambut bayi, bahan ini berasal dari tumbuhan yang aman bagi kesehatan dan keselamatan si bayi. Usapkan daging dan lendir lidah buaya setiap hari sebelum mandi untuk mendapatkan hasil yang maksimal
  • Minyak Kemiri.Usapkan minyak kemiri pada kulit kepala, untuk penggunaan minyak kemiri bisa digunakan saat tidur
  • Gunakan shampoo khusus  bayi karena tidak mengandung bahan kimia dan tidak pedih  di mata. Keringkan rambut bayi perlahan-lahan untuk menghindari rambut bayi anda rontok. 

No comments:

Post a Comment