Monday, May 11, 2015

Makanan Penurun Darah Tinggi

Hasil gambar untuk hipertensi food list
Courtesy from udoctor.co.id


Jika Anda memiliki tekanan darah  tinggi atau keluarga Anda memiliki riwayat darah tinggi sebaiknya menghindari makanan yang dapat memicu naiknya tekanan darah Anda, karena kemungkinan besar Anda juga bisa mengidap penyakit yang sama, sebaiknya Anda perlu melakukan pemeriksaan berkala. Salah satu cara mengobati darah tinggi adalah dengan mengatur pola makan, walaupun bukan faktor mutlak namun pola makan sehari-hari sangat berpengaruh terhadap tekanan darah seseorang.Hipertensi merupakan faktor utama penyebab penyakit kronis seperti serangan jantung dan stroke.


Selain makanan, kebiasaan dan gaya hidup memainkan peran penting dalam mengobati tekanan darah tinggi atau hipertensi. Berikut adalah beberapa pola hidup untuk menghindari hipertensi:

a. Menjaga berat badan
Kondisi seseorang mengalami kelebihan berat badan bahkan hingga obesitas, dapat memicu beragam masalah kesehatan. Seperti hipertensi, jantung, diabetes, dan stroke.

b.Diet Seimbang
Perbanyak konsumsi buah-buahan dan sayuran yang kaya akan kalium

c. Olahraga
Olahraga secara teratur terbukkti dapat mencegah tekanan darah tinggi, olahraga selama 30 menit tiga kali seminggu cukup baik untuk menghindari hipertensi.

d. Memonitor tekanah darah
Tekanan darah pada kisaran 120-139 / 80-89 milimeter merkuri (mmHg) akan menempatkan seseorang pada peningkatan risiko hipertensi. Maka, orang harus berhati-hati jika tekanan darah mereka mencapai kisaran tersebut

e.Kurangi garam
Mengurangi konsumsi garam dalam pola makan membantu menjaga tekanan darah normal. Semakin tinggi asupan Natrium, semakin tinggi risiko tekanan darah.

f. Kurangi Alkohol
Hindari atau bahkan hilangkan kebiasaan minum alkohol jika ingin menjaga tekanan darah Anda tetap terkontrol.

g. Kurangi stres
Tekanan darah tinggi disebabkan oleh stres, cara mengurangi stress seperti yoga, meditasi, teknik relaksasi yang mendalam, atau konseling kesehatan mental.

Disamping menjaga pola hidup, sebaiknya anda juga menjaga pola makan dengan mengkonsumsi makanan dari bahan berikut:

1. Sayuran hijau.
Bayam merupakan sumber kalium, sayuran rendah kalori, tinggi serat, dan mengandung nutrisi sehat seperti potasium, folat dan magnesium sebagai bahan utama menurunkan tekanan darah.

2.Tomat
Tomat kaya akan Kalsium, Magnesium, Vitamic C, Vitamin D dan Vitamin E

3.Bawang putih
Selain sebagai penyedap rasa, bawang putih juga dapat mencegah pembekuan darah dan menghilangkan penyumbatan pada jantung.

4. Biji bunga matahari
Mengandung Magnesium untuk menjaga kesehatan jantung dan pembuluh darah Anda.

5. Pisang
Mengandung Kalium yang dapat menurunkan tekanan darah tinggi

6.Alpukat
Mengandung Kalium

7. Kacang-kacangan
Kedelai  mengandung Kalium dan Magnesium, Anda juga bisa meminum susu olahan dari kedelai

8. Pepaya
Buah pepaya mengandung Kalium

9.Kerang laut
Mengandung potasium untuk menjaga agar tekanan darah Anda tetpa normal.

10.Ikan Salmon
Ikan Salmon mengandung Kalium

11.Kurma
Mengandung Kalium sebesar 167 mg

No comments:

Post a Comment