Monday, May 11, 2015

Cara Membedakan Madu Asli dan Palsu


 Courtesy from www.wired.co.uk



 
Maraknya pedagang madu palsu membuat para konsumen harus berhati-hati dalam membeli madu, bahkan pengoplos madu  dapat membuat madu palsu seperti madu asli. Akibatnya konsumen dirugikan karena khasiat madu tidak lagi seperti aslinya.
Jika Anda tidak yakin dengan kemurnian madu sebaiknya pilihlah madu yang dijual di Apotik lengkap dengan nomor BPOM, namun bagaimana caranya membedakan madu asli dan palsu yang dijual di pasar bebas?

1.Uji madu dengan dipanaskan
Tuangkan madu pada sendok logam lalu panaskan dengan lilin, madu asli akan mendidih hingga busanya tumpah dari sendok, sedangkan yang palsu, meskipun mendidih namun busa tak sampai tumpah. Masukkan jari pada madu yang sudah dingin lalu tarik, pada madu asli larutan lebih lembut dan tidak tertarik ujung jari sedangkan pada madu palsu saat jari ditarik akan ikut membentuk serat panjang dan mengeras.

2.Campurkan madu dengan kuning telur
Kuning telur yang dicampur madu akan tampak matang karena madu asli bersifat asam dan kuning telur protein, sehingga terjadi penggumpalan yang terlihat seperti matang.
Percobaan ini tidak sepenuhnya benar karena penjual madu palsu akan menambahkan cuka, ketika Anda cobac ampurkan dengan kuning telur akan terlihat menggumpal juga.

3. Simpan madu dalam kulkas
Madu asli dengan kualitas bagus tidak akan membeku di dalam kulkas ini karena kadar airnya dibawah 20%, sebaliknya madu palsu yang sudah tercampur dengan zat-zat lain akan membeku.

4.Tuangkan madu ke dalam botol lalu kocoklah selama 2 menit. Biarkan beberapa saat.
Madu asli: mengeluarkan buih secara merata, lalu buih itu bergerak perlahan ke atas. Busa dan udara yang terbentuk akan naik dan mendorong tutup botol sehingga ketika tutup botol dibuka akan terdengar suara letupan kecil disebabkan dorongan busa dan udara tadi.
Madu palsu: mengeluarkan buti-butir buih yang bergerak lebih cepat atau bahkan tidak berbuih.

5.Masukkan ikan mentah kedalam botol berisi madu, tutup rapat dan simpan selama 2 minggu
Madu asli: ikan menciut dan berubah warna menjadi pucat namun tak berbau
Madu palsu:  ikan akan memiliki ukuran yang tetap, namun warnanya menjadi agak kehitaman dan berbau busuk.

6.Tes laboratorium
Cara mengecek madu dengan menggunakan tes laboratorium adalah cara yang paling akurat. Namun, tentu hal ini akan sulit dilakukan oleh orang awam.

No comments:

Post a Comment