Tuesday, May 12, 2015

Manfaat Telur Ayam Kampung

Hasil gambar untuk telur ayam kampung
http://ews.kemendag.go.id


Banyak pemahaman yang beredar di masyarakat terkait manfaat mengkonsumsi telur ayam kampung, ada yang mengatakan lebih baik telur ayam kampung dimakan ketika matang, ada juga yang mengatakan dimakan setengah matang dan ada pula yang mengatakan sebaiknya dimakan mentah kuningnya saja.
Sesuai namanya telur ayam kampung dihasilkan dari ayam peliharaan sendiri yang biasanya ada di pemukiman warga.

Nilai gizi telur sangat lengkap, Hal ini dikarenakan telur jenis ini mempunyai kaya akan kandungan zat yang cukup komplit, dan diantaaranya adalah: adanya vitamin A, C, D, E, kalori, protein, zat besi, betakaroten, Omega 3, thiamin dan masih banyak lagi yang lainya.
Untuk bayi dan anak-anak yang masih rentan terhadap penyakit sebaiknya telur ayam kampung diberikan telah direbus karena jika diberikan mentah dikawatirkan akan terjangkit bakteri Salmonella yang menempel pada kulit telur.
Untuk orang dewasa yang daya tahan tubuh lebih kuat dari anak-anak memakan telur ayam kampung baik matang, setengah matang ataupun mentah akan memberikan khasiat yang sama, tetapi akan lebih baik menghindari memakan telur mentah jika kulit telur dalam keadaan kotor.

Masalah lain yang perlu diperhatikan dalam mengkonsumsi telur bagi orang dewasa (terutama yang berumur 40 tahun atau lebih, atau yang mempunyai kecenderungan mengidap penyakit jantung koroner)adalah kandungan kolesterol yang terdapat dalam kuning telur.
Kadar kolesterol yang terdapat dalam kuning telur sekitar 250 mg per butir (dalam daging sapi terdapat sekitar 75 mg per 3 ons, dalam hati sekitar 370 mg/3 ons dan dalam otak sekitar 1700 mg/3 ons). Para ahli gizi menganjurkan agar orang dewasa hanya mengkonsumsi telur paling banyak 4 butir per minggu.

Berikut manfaat mengkonsumsi telur ayam kampung:
  • Telur ayam kampung dipercaya mampu meningkatkan vitalitas pria, dengan cara kuning telur ayam kampung dicampur dengan madu asli, engan mengkonsumsi ramuan tersebut, vitalitas para pria akan pulih kembali. 
  • Omega 3 pada telur ayam kampung 15x lebih tinggi kandungannya dibanding telur ayam lainnya, omega 3 sangat penting untuk kecerdasan otak kita.
  • Mengatasi rambut kering, menanggulangi kerusakan rambut dan mengembalikan kesuburan rambut.















 


No comments:

Post a Comment